STANDAR KOMPETENSI
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH (ASWAJA) DAN KE-NU-AN
JENJANG :
SMA/SMK/MA
KELAS :
XI (Sebelas)
STANDAR KOMPETENSI :
1.
Kemampuan
memahami, meyakini dan melestarikan paham Ahlussunnah Wajama’ah secara
mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Kemampuan
mengidentifikasi dan menganalisis firqah-firqah dalam Islam: latar belakang,
proses terbentuknya dan dampak-dampaknya.
3.
Kemampuan
menganalisis madzhab-madzhab dalam Aswaja dan memedomaninya.
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
|
1.
|
Menghayati makna paham
Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari
|
a. Menjelaskan latar belakang
terbentuknya paham Ahlussunnah Waljama’ah
b. Menjelaskan kapan terbentuknya
firqah-firqah dalam Islam
c. Menyebutkan latar belakang
terjadinya perang Sifin
d. Menyebutkan orang yang
mempopulerkan istilah Ahlussunnah Waljama’ah
e. Menyebutkan prinsip yang
digunakan Ahlussunnah Waljama’ah
f.
Menjelaskan
prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah
g. Menyebutkan ajaran Ahlussunnah
Waljama’ah di bidang akidah
h. Menyebutkan metode moderat yang
digunakan dalam Ahlussunnah Waljama’ah
i.
Menyebutkan
sumber hukum Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh
j.
Menyebutkan
cara Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami Al-Qur’an dan Sunnah
k. Menjelaskan proses Ahlussunnah
Waljama’ah dalam menentukan suatu hukum
l.
Menyebutkan
dasar Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan nilai suatu sikap atau
perbedaan
m. Menyebutkan prinsip-prinsip
Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami masalah-masalah kemasyarakatan
n. Menyebutkan paham yang
digunakan Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh/syari’ah
o. Menjelaskan pengertian tashauf
di kalangan Ahlussunnah Waljama’ah
p. Menjelaskan ajaran Ahlussunnah
Waljama’ah di bidang tashauf
q. Menyebutkan maqam-maqam pada
bidang tashauf menurut Ahlussunnah Waljama’ah
|
|
2.
|
Mendeskripsikan pelestarian
ajaran Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
a. Menjelaskan cara penyampaian
ajaran Ahlussunnah Wal-jama’ah kepada generasi penerus
b. Menyebutkan urutan-urutan
generasi yang menerima ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c. Menjelaskan tantangan yang
dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
d. Menyebutkan ilmu-ilmu yang
dibutuhkan dalam upaya pengembangan ajaran Islam berhaluan Ahlussunnah Waljama’ah
e. Menjelaskan peranan ulama dalam
pewarisan ajaran Islam kepada generasi penerus
f.
Menyebutkan
strategi NU melestarikan paham Ahlus-sunnah Waljama’ah
g. Menyebutkan wadah yang
didirikan NU dalam memper-kenalkan dan melestarikan paham Ahlussunnah Waljama’ah
|
|
3.
|
Mendeskripsikan firqah-firqah
yang berkembang dalam islam
|
a. Menyebutkan latar belakang
timbulnya perbedaan pen-dapat dikalangan umat Islam
b. Menjelaskan sebab-sebab dan
proses timbulnya firqah-firqah dalam Islam
c. Menjelaskan pengertian Firqah
d. Menyebutkan Firqah-firqah yang
berpengaruh dalam Islam
e. Menyebutkan pengertian firqah
yang berpengaruh
f.
Menyebutkan
pandangan firqah-firqah yang berkembang
g. Menyebutkan pengertian “ahlu l-‘adl-I wa t-tawhid”yang
berkembang pada kaum Ma’tazilah
h. Menyebutkan metode berfikir
Asy’ariyah dan Maturidiyah
i.
Menyebutkan
beberapa perbedaan mendasar antara Asy’ariyah dan Maturidiyah
|
|
4.
|
Mengidentifikasi posisi dan
hubangan Ahlussunnah Waljama’ah diantara firqah-firqah yang ada
|
a. Menjelaskan perbedaan dan kesamaan
paham firqah-firqah dalam masalah status mukmin dan kafir
b. Menjelaskan perbedaan dan
kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kebaikan dan keburukan
c. Menjelaskan perbedaan dan
kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah ikhtiar manusia
d. Menjelaskan perbedaan dan
kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kekuasaan Allah SWT
e. Menjelaskan perbedaan dan
kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah sifat Allah SWT
|
|
5.
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan
bagi seorang mujtahid
|
a. Menyebutkan syarat-syarat
menjadi mujtahid
b. Menyebutkan tingkatan mujtahid
c. Menyebutkan pandangan ulama
Ahlussunnah Waljama’ah tentang kriteria mujtahid
|
|
6.
|
Menjelaskan ijtihad dan taklid,
batasan-batsan dan sumber hukumnya
|
a. Menyebutkan pengertian ijtihad
b. Menyebutkan pengertian ijtihad
menurut para sahabat
c. Menyebutkan pengertian ijtihad
dalam istilah fiqh
d. Menyebutkan pengertian ijtihad
dalam istilah ushul fiqh
e. Menyebutkan dasar hukum ijtihad
f.
Menyebutkan
beberapa dasar yang dipakai sebagai pembenaran ijtihad
g. Menyebutkan batsan ijtihad
h. Menyebutkan ruang lingkup
ijtihad
i.
Menyebutkan
dalil yang menjelaskan tentang sumber hukum Islam
j.
Menyebutkan
cara ijtihad dalam masalah yang tidak di sebutkan secara harfiyah dalam
Al-Qur’an dan As-Sunnah
|
|
7.
|
Mendeskripsikan taklid,
ittiba’, tarjih dan talfiq
|
a. Menyebutkan pengertian taklid
secara bahasa dan istilah
b. Menyebutkan hukum taklid
menurut ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c. Menyebutkan pengertian ittiba’,
tarjih dan talfiq, baik secara bahasa maupun istilah
d. Menyebutkan pandangan ulama
ushul fiqh dan fiqh tentang talfiq
|
|
8.
|
Mengenalisis madzhab-madzhab
yang ada dalam Islam dan dasar pemikiran NU tentang kehidupan bermadzhab
|
a. Menyebutkan macam-macam madzhab
b. Menyebutkan imam-imam madzhab
c. Menjelaskan pengertian madzhab
dan bermadzhab
d. Menjelaskan hakekat bermadzhab
e. Menjelaskan alasan yang menjadi
dasar dalam bermadzhab
f.
Menyebutkan
2 (dua) macam cara bermadzhab
g. Menyebutkan bentuk penerapan bermadzhab
h. Menyebutkan manfaat mengikuti
madzhab
i.
Menyebutkan
pandangan beberapa kelompok ulama tentang madzhab
j.
Menjelaskan
pandangan NU tentang bermadzhab
k. Menyebutkan prinsip-prinsip NU
dalam bermadzhab
|
|
9.
|
Menjelaskan cara-cara
penganbilan keputusan hukum di lingkungan NU
|
a. Menyebutkan pengertian bahtsul
masail
b. Menyebutkan fungsi bahtsul
masail
c. Menjelaskan pengertian
bermadzhab secara qauli
d. Menjelaskan pengertian
bermadzhab secara manhaji
e. Menjelaskan cara penerapan
madzhab manhaji
f.
Menjelaskan
pengertian istinbat jama’iy
g. Menyebutkan tata cara
pengambilan keputusan hukum dalam kerangka bermadzhab
h. Menyebutkan hasil keputusan
Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Kongres NU di Bandar Lampung
|
Tisofil and Titanium White Paint - Indian Paint Company
BalasHapusThis 2020 ford ecosport titanium paint is titanium engagement rings for her unique and extremely special. Its distinctive finish titanium security is titanium trimmer as seen on tv one of the best-performing paint styles on canvas. Tisofil paint is one everquest: titanium edition of