STANDAR KOMPETENSI
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH (ASWAJA) DAN KE-NU-AN
JENJANG :
SMA/SMK/MA
KELAS :
XII (Dua Belas)
STANDAR KOMPETENSI :
1.
Kemampuan
memahami nilai-nilai dasar NU
2.
Kemampuan
mengidentifikasi, menganalisis dan memedomani perilaku kaum Nahdliyyin dan
dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat
3.
Kemampuan
memahami pola kepemimpinan di lingkungan NU
4.
Kemampuan
memahami proses lahirnya Khittah Nadliyah
5.
Kemampuan
menganalisis sejarah dan peran pondok pensantren dalam penyebaran Islam di
Indonesia
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
|
1.
|
Mengetahui dan memahami
nilai-nilai dasar NU dan mengimplementasikannya dalam kehidupan
|
a. Menjelaskan pandangan NU
tentang Islam
b. Menjelaskan keyakinan NU
tentang Islam
c. Menyebutkan Faham yang diyakini
NU dan membedakan dengan paham yang lain
d. Menyebutkan 2 (dua) aspek
madzhab
e. Menjelaskan landasan berfikir,
bersikap dan berprilaku kaum nahdliyin
f.
Menyebutkan
sikap kemasyarakatan NU yang membeda-kan dengan organisasi lain
g. Menjelaskan pengertian
tawassuth, I’tidal, tasamuh dan tawadzun
h. Pengertian amar ma’ruf nahi munkar
i.
Menyebutkan
pandangan NU tentang kebangsaan
j.
Menjelaskan
pandangn NU tentang kehidupan berbangsa dan bernegara
k. Menyebutkan prinsip-prinsip
kehidupan berbangsa dan bernegara menurut NU
l.
Menjelaskan
pandangan NU tentang NKRI
m. Menjelaskan pandangan NU
tentang pluralitas bangsa
n. Menyebutkan pedoman-pedoman NU
dalam mengeluarkan hak politiknya
o. Menjelaskan pandangan NU
tentang hukum
p. Memberikan komentar pandangan
NU terhadap pendidikan
q. Menganalisis pandangan NU
tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
r.
Menjelaskan
pandangan NU tentang pemberdayaan ekonomi
s.
Menyebutkan
usaha-usaha yang dilakukan NU dalam mem-bangun ekonomi yang lebih adil dan
merata dan bisa mencontohnya
|
|
2.
|
Menerapkan perilaku warga NU
dalam kehidupan sehari-hari
|
a. Menyebutkan ciri prilaku
keagamaan NU
b. Menyebutkan ciri prilaku
keagamaan NU di bidang akidah
c. Menyebutkan ciri prilaku
keagamaan NU di bidang fiqh/syari’ah
d. Menyebutkan ciri prilaku NU di
bidang akhlak/tasyawuf
e. Menyebutkan ciri prilaku
kemasyarakatan NU
f.
Menyebutkan
pengertian butir-butir prilaku kemasyarakatan NU
g. Menjelaskan prinsip-prinsip NU
tentang kehidupan ekonomi
h. Menjelaskan pengertian
al-adalah, at-ta’awun, al-istiqomah
i.
Menyebutkan
ciri prilaku NU di bidang politik
j.
Menyebutkan
ciri prilaku NU di bidang budaya
k. Menyebutkan prilaku sebagai
warga NU
|
|
3.
|
Menerapkan ukhuwah Nahdliyah
|
a. Menjelaskan pengertian ukhuwah
nahdliyah
b. Menjelaskan penjabaran ukhuwah
di bidang sosial
c. Menjelaskan pengertian ukhuwah
islamiah dan ukhuwah wathaniyah
d. Menyebutkan kendala dan
hambatan yang sering muncul dalam pengembangan wawasan ukhuwah
e. Menyebutkan pandangan NU dalam
melestarikan ukhuwah
|
|
4.
|
Mendeskripsikan pola
kepemimpinan NU sebagai pedoman berorganisasi
|
a. Menjelaskan hubungan NU dengan
ulama-ulama Pon-Pes
b. Menyebutkan fungsi pondok
pesantren bagi NU
c. Menjelaskan kedudukan ulama
dalam NU
d. Menjelaskan latar belakang
berdirinya NU
e. Menyebutkan peran dan fungsi
ulama menurut NU
|
|
5.
|
Menganalisis kedudukan khittah
nahliyah dan mampu sosialisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
|
a. Menjelaskan pengertian dan
subtansi Khittah Nahdliyyah
b. Menjelaskan latar belakang
Khittah Nahdliyyah
c. Menjelaskan tujuan Khittah
Nahdliyyah
d. Menyebutkan butir-butir khittah
Nahdliyyah yang dihasilkan pada Muktamar NU XXVII tahun 1984
e. Menjelaskan strategi NU dalam
mensosialisasikan Khittah Nahdliyyah
f.
Menyebutkan
rumusan-rumusan ikhtiar NU tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
g. Menyebutkan pandangan NU
tentang persatuan dan kesatuan
|
|
6.
|
Menganalisis peran dan fungsi
pondok pesantren dan ulama dalam pengembangan syariat Islam dan memedomaninya
|
a. Menyebutkan pendiri pondok
pesantren yang pertama
b. Menyebutkan kegiatan-kegiatan
yang dilakukan di pondok pesantren pada masa-masa awal berdirinya
c. Menyebutkan 2 (dua) macam
santri yang belajar di ponpes
d. Menyebutkan tujuan utama
didirikannya ponpes
e. Menyebutkan elemen-elemen yang
harus dimiliki setiap ponpes
f.
Menjelaskan
tradisi ponpes
g. Menyebutkan bentuk pengajaran
di lingkungan ponpes
h. Menyebutkan kurukulum yang
digunakan di ponpes
i.
Menyebutkan
pendekatan yang digunakan ponpes
j.
Menjelaskan
pengertian ponpes
k. Menyebutkan fungsi ponpes
l.
Menjelaskan
perkembangan ponpes
m. Menyebutkan model/tipe ponpes
yang ada sekarang
n. Menyebutkan cirri-ciri khusus
ponpes
|
|
7.
|
Mendeskripsikan perjuangan NU
setelah kembali ke khittah 1926 dan visi, misi dan orientasi NU dalam
memperjuangkan Islam di Indonesia
|
a. Menjelaskan visi perjuangan NU
b. Menyebutkan proses kembalinya NU
ke khittah
c. Menjelaskan misi NU dalam
memperjuangkan Islam
d. Menjelaskan visi NU dibidang
politik dan sosial kemasya-rakatan
e. Menyebutkan keputusan Muktamar
NU XXVII di situbondo
f.
Menjelaskan
pandangan NU tentang perjuangan dalam menegakan Islam
g. Menyebutkan pengertian kaidah
ushuliyah
h. Menyebutkan 5 (lima) kaidah
pokok ushuliyah
i.
Menyebutkan
pengertian kaidah fiqhiyah
j.
Menyebutkan
beberapa contoh kaidah fiqhiyah
k. Menyebutkan pengertian kaidah
mukhtalafah
l.
Menyebutkan
beberapa contoh kaidah mukhtalafah
m. Menyebutkan hubungan antara
dalil nash dengan kaidah fiqhiyah
|
|
8.
|
Menerapkan tradisi dzikir dan
do’a yang terpelihara di lingkungan NU
|
a. Menjelaskan pengertian dzikir
dan do’a
b. Hafal dan menulis ayat dan
hadist tentang dzikir dan do’a
c. Menjelaskan tat cara bardo’a
d. Menyebutkan waktu yang baik
untuk berdzikir dan berdo’a
e. Menjelaskan pengertian
istighatsah
f.
Terbiasa
melakukan dzikir dan do’a
g. Menyebutkan pengertian pujian
h. Menyebutkan bacaan pujian
i.
Menyebutkan
keutamaan shalawat kepada Nabi
j.
Menyebutkan
waktu yang utama untuk bershalawat
k. Menyebutkan tata cara dan
macam-macam shalawat
l.
Menyebutkan
contoh shalawat yang pendek dan sedang
m. Membaca dengan benar shalawat
pendek dan sedang
n. Mengartikan bacaan shalawat
o. Menjelaskan tujuan membaca
shalawat
p. Terbiasa mengamalkan
puji-pujian
q. Menjelaskan pengertian diba’an
r.
Menjelaskan
tujuan diba’an
s.
Menyebutkan
tata cara dan adab diba’an
t.
Menjelaskan
tradisi diba’an warga NU
u. Terbiasa melakukan diba’an
|
|
9.
|
Mengamalkan amaliyah ibadah
yang dianut NU
|
a. Menjelaskan pengertian niat
b. Menjelaskan pentingnya niat
c. Menjelaskan pengertian qunut
d. Menyebutkan macam-macam qunut
e. Mempraktekan qunut
f.
Menjelaskan
pengertian shalat tarawih
g. Menyebutkan tata cara shalat
tarawih dan witir
h. Mempraktekan shalat tarawih dan
witir
i.
Menyebutkan
pengertian talqin
j.
Menyebutkan
tata cara talqin
k. Mempraktekan talqin
l.
Menjelaskan
hukum talqin menurut Ahlussunnah Waljama’ah
m. Menjelaskan dasar hukum talqin
menurut ulama Ahlussunnah Waljama’ah
n. Menjelaskan hukum ziarah kubur
menurut kesepakatan ulama
o. Menjelaskan tujuan ziarah kubur
p. Menjelaskan adab ziarah kubur
q. Menjelaskan pengertian tahlil
dan dapat membacanya dengan benar
r.
Istiqamah
dalam menerapkan amaliah nahdliyah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar