RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 1)
Sekolah/Madrasah : Madrasah
Aliyah Maarif
Ponggok
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : هواية
الطلاب والمعرض
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit (9 pertemuan)
Pertemuan ke : -
A. KOMPETENSI INTI
1.
Kompetensi Inti
(KI 1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama Islam
2.
Kompetensi Inti
(KI 2):
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Kompetensi Inti
(KI 3):
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Kompetensi Inti
(KI 4):
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu
menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
|
3.1. Memahami cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
هواية الطلاب والمعرض،
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks ma’rifah nakirah, mubtada’ khabar dan bentuk-bentuknya
serta unsur budaya yang sesuai konteks
penggunaannya
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
|
Membaca teks هواية الطلاب والمعرض dengan lafadz dan intonasi yang benar.
Menemukan mufrodat baru pada Qiraah
هواية
الطلاب والمعرض
Mengartikan teks Qiraah هواية الطلاب والمعرض dengan baik dan benar
|
|
3.2.Menganalisis cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
هواية الطلاب والمعرض
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks ma’rifah nakirah, mubtada’
khabar dan bentuk-bentuknya serta unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya
|
3.2.1
3.2.2
|
Mennyampaikan kandungan makna dari teks Qiraah tentang هواية الطلاب والمعرض
Menyampaikan kandungan
makna dari teks Qiraah tentang هواية الطلاب والمعرض
|
|
3.3.Mengidentifikasi unsur
kebahasaan, struktur teks ma’rifah nakirah, mubtada’ khabar dan
bentuk-bentuknya serta unsur budaya dari teks terkait topik :
هواية
الطلاب والمعرض
yang sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.3.1
3.3.2
3.3.3
|
Membaca teks Qiraah المهنة و النظام dengan lafadz dan intonasi yang benar.
Menemukan mufrodat baru pada Qiraah هواية الطلاب والمعرض
Mengartikan teks Qiraah المهنة هواية الطلاب
والمعرض
dengan baik dan benar
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah melakukan
proses belajar peserta didik dapat:
2.
Menemukan mufrodat baru pada teks qiraah هواية الطلاب والمعرض
3.
Mengartikan teks qiraah هواية الطلاب والمعرض dengan baik dan benar
4. Menyimpulkan kandungan makna dari teks qiraah tentang المهنة و النظام
5.
Menyampaikan kandungan makna dari teks qiraah tentang المهنة و النظام
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks qiraah tentang هواية
الطلاب والمعرض
Tarkib lughawi : المصدر،
معاتى حروف الجار
E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan
Pertama (istima’):
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
· Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
· Guru
memeriksa kehadiran, kerapian, kebersihan kelas, dan mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Memaparkan ilustrasi melalui media /alat
peraga /alat bantu bisa berupa tulisan manual dipapan tulis, kertas karton atau slide.
o Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan pengucapan
ujaran dengan tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang
pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana dari suara
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dari
kata/frase/kalimat yang didengar.
·
Membaca wacana sederhana sesuai
tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
·
Mencari informasi umum dan rinci
dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
yang mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Memperhatikan struktur
kalimat-kalimat yang tentang kaidah
masdar, ma’na huruf jer,
·
Menyimak penjelasan guru tentang masdar,
ma’na huruf jer,
·
Membaca kaidah tentang masdar,
ma’na huruf jer,
·
Menerapkan kaidah tentang fiil
madli, mudlari’, fa’il mufrad, dan warna untuk mudzakar dan mu’annas dalam
ungkapan dialog terkait topik هواية الطلاب والمعرض،
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana
tentang tema/topik هواية الطلاب والمعرض،
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana
sederhana secara tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab tentang
tema/topik هواية الطلاب
والمعرض،
yang dipelajari
sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan dialog (hiwar)
sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang
tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan tanya jawab struktur
kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer,
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer,
·
Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat tentang masdar, ma’na
huruf jer,
·
Menentukan isi wacana lisan maupun
tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba melafalkan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang
dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mencoba menyebutkan cara memberitahu
dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang
dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·
Mempraktikkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang fiil madli, mudlari’, fa’il mufrad, dan warna untuk mudzakar dan
mu’annas sesuai dengan kaidah.
·
Menentukan fiil madli, mudlari’,
fa’il mufrad, dan warna untuk mudzakar dan mu’annas dalam kalimat.
·
Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat fiil madli, mudlari’, fa’il
mufrad, dan warna untuk mudzakar dan mu’annas dari buku teks, majalah,
maupun internet.
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer,
· Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari informasi umum/tema/topik
dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang masdar, ma’na
huruf jer,
·
Mencari persamaan yang terdapat
dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya
peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan salah satu karya
sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana,
dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai
tema/topik هواية الطلاب
والمعرض،
secara lisan
atau tulisan
·
Menjelaskan isi wacana yang
dipertanyakan sesuai tema/topik هواية الطلاب والمعرض،
secara lisan
atau tulisan.
·
Menjelaskan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam
bahasa Arab
·
Menjelaskan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan presentasi tentang budaya
Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi
peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia
menjadi kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer,
·
Menyusun karangan sederhana tentang fiil madli, mudlari’, fa’il mufrad,
dan warna untuk mudzakar dan mu’annas sesuai tema/topik.
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
2.
Pertemuan
ke Dua (khiwar):
d.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
e.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
f.
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian, kebersihan kelas, dan
mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
h.
Memaparkan ilustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa
berupa tulisan manual dipapan tulis,
kertas karton atau slide.
a. Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Mendengar dan menirukan pengucapan
ujaran dengan tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang
pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana dari suara
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dari
kata/frase/kalimat yang didengar.
·
Mencari informasi umum dan rinci
dari suatu wacana lisan/tulisan terkait cara pengucapan kalimat bahasa arab.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
yang mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer, dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·
Menyimak penjelasan guru tentang
pengertian kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Membaca kaidah tentang masdar,
ma’na huruf jer,
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik هواية الطلاب
والمعرض،
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana
sederhana secara tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab tentang
tema/topik هواية الطلاب
والمعرض،
sesuai lintas
budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan dialog (hiwar)
sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang
tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang
mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer, dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·
Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menentukan isi wacana lisan maupun
tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba melafalkan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang
dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mencoba menyebutkan cara memberitahu
dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang
dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·
Mempraktikkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer, ’.
·
Menentukan fiil madli, mudlari’,
fa’il mufrad, dan warna untuk mudzakar dan mu’annas dalam kalimat.
·
Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat fiil madli, mudlari’, fa’il
mufrad, dan warna untuk mudzakar dan mu’annas dari buku teks, majalah,
maupun internet.
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
· Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari informasi umum/tema/topik
dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang yang mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Mencari persamaan yang terdapat
dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya
peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan salah satu karya
sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana,
dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai
tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
secara lisan
atau tulisan
·
Menjelaskan isi wacana yang
dipertanyakan sesuai tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
secara lisan
atau tulisan.
·
Menjelaskan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam
bahasa Arab
·
Menjelaskan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan presentasi tentang budaya
Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi
peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia
menjadi kalimat tentang masdar, ma’na
huruf jer,
·
Menyusun karangan sederhana tentang fiil madli, mudlari’, fa’il mufrad, dan warna untuk mudzakar dan
mu’annas sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
3.
Pertemuan
ke Tiga (qiroah):
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
d.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
e.
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian, kebersihan kelas, dan
mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
f.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
g.
Memaparkan ilustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa
berupa tulisan manual dipapan tulis,
kertas karton atau slide.
a. Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Membaca teks bahasa arab terkait
topik
هواية الطلاب
والمعرض،
·
Mendengarkan kata-kata yang
pengucapannya mirip
·
Mencocokkan gambar dari
kata/frase/kalimat yang didengar.
·
Membaca wacana sederhana sesuai
tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض، .
·
Mencari informasi umum dan rinci
dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
yang mengandung struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’
dan ma laila li an-nafyi.
·
Memperhatikan struktur
kalimat-kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma
laila li an-nafyi. dalam isi teks sesuai konteks.
·
Menyimak penjelasan guru tentang
pembagian Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li
an-nafyi
·
Membaca kaidah tentang Jumlah
fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana
tentang tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
yang
dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana
sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
secara
tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab tentang
tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
yang dipelajari
sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan dialog (hiwar)
sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan dan tulisan.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang
tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan tanya jawab struktur
kalimat tentang Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma
laila li an-nafyi
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan
jama’ dan ma laila li an-nafyi
·
Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li
an-nafyi
·
Menentukan isi wacana lisan maupun
tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba melafalkan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang
dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mencoba menyebutkan cara memberitahu
dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang
dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·
Mempraktikkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li
an-nafyi
·
Menentukan Jumlah fi’liyah,
Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi dalam kalimat.
·
Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat Jumlah fi’liyah, Jumlah
ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi dari buku teks, majalah,
maupun internet.
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li
an-nafyi.
· Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari informasi umum/tema/topik
dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang Jumlah
fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi
·
Mencari persamaan yang terdapat
dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya
peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan salah satu karya
sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana,
dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai
tema/topik secara lisan atau tulisan
·
Menjelaskan isi wacana yang
dipertanyakan sesuai tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض، secara
lisan atau tulisan.
·
Menjelaskan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam
bahasa Arab
·
Menjelaskan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan presentasi tentang budaya
Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi
peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia
menjadi kalimat tentang Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li
an-nafyi.
·
Menyusun karangan sederhana tentang Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li
an-nafyi sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
.
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
4.
Pertemuan
ke Empat (kitabah):
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
h.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
i.
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian, kebersihan kelas, dan
mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
j.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
k.
Memaparkan ilustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa
berupa tulisan manual dipapan tulis,
kertas karton atau slide.
a. Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Membaca teks bahasa arab terkait
topik
هواية الطلاب
والمعرض،
·
Memahami arti kata-kata terkait
topik
هواية الطلاب
والمعرض،
·
Menyimak wacana terkait topik
هواية الطلاب
والمعرض،
dari suara
guru/kaset/film dan memahaminya.
·
Mencocokkan gambar dari
kata/frase/kalimat yang didengar/dibaca.
·
Membaca wacana sederhana sesuai
tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
·
Mencari informasi umum dan rinci
dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
·
Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang
mengandung
kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menyimak penjelasan guru tentang
kriteria kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Membaca kaidah tentang kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana
tentang tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
yang
dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana
sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
secara
tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab tentang
tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
yang dipelajari
sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan dialog (hiwar)
sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang
tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang mengandung
kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menentukan isi wacana lisan maupun
tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba memahami sapaan, berpamitan,
terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan
oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mempraktikkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menentukan masdar, ma’na huruf
jer,
·
Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat kaidah masdar, ma’na huruf jer,
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
· Membandingkan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permohonan izin, perizinan yang dilakukan
oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari informasi umum/tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
dari suatu
wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
·
Mencari persamaan yang terdapat
dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya
peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan salah satu karya
sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana,
dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai
tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
secara lisan
atau tulisan
·
Menjelaskan isi wacana yang
dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·
Menjelaskan cara menyapa,
berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam
bahasa Arab
·
Menjelaskan cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan
jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan presentasi tentang budaya
Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan isi teks dalam salah
satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi
peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia
menjadi kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menyusun karangan sederhana tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer, sesuai tema/topik
هواية الطلاب
والمعرض،
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
F.
PENILAIAN,
PEMBELAJARAN REMIDI DAN PENGAYAAN
(terlampir)
G.
METODE
PEMBELAJARAN
Menggunakan pendekatan scientific.
H. MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media: LCD Proyektor,
File-file Pembelajaran
2.
Alat/Bahan:
Laptop,
3.
Sumber
Pembelajaran:
-
العربية للناشئين
-
Buku Paket Bahasa Arab
-
LKS Bahasa Arab
-
Buku Nahwu
-
Kamus Arab Indonesia –
Indonesia Arab
|
|
|
Ponggok, Des 2014
|
|
|
Mengetahui,
|
|
Penyusun,
|
|
|
Pengawas
Dra UMI TAFRIKAH, M.Pd.I
NIP. 196607121988032002
|
Kepala
Madrasah,
KUSWANDI,
SPd.I
|
|
Guru
Bahasa Arab,
KUSWANDI,
SPd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar