RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 1)
Sekolah/Madrasah :
Madrasah
Aliyah Maarif
Ponggok
Mata Pelajaran :
Bahasa
Arab
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : هواية
الطلاب والمعرض
Alokasi Waktu :
18 x 45 menit (9 pertemuan)
Pertemuan ke : -
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Kompetensi Inti
(KI 1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama Islam
2.
Kompetensi Inti
(KI 2):
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Kompetensi Inti
(KI 3):
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural , danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Kompetensi Inti
(KI 4):
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu
menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
|
3.1.
Memahami
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap terkait
topik :
هواية الطلاب والمعرض،
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks ma’rifah nakirah, mubtada’ khabar dan bentuk-bentuknya
serta unsur budaya yang sesuai konteks
penggunaannya
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
|
Membaca teks هواية الطلاب والمعرض dengan lafadz dan intonasi yang benar.
Menemukan mufrodat baru pada Qiraah
هواية
الطلاب والمعرض
Mengartikan teks Qiraah هواية الطلاب والمعرض dengan baik dan benar
|
|
3.2.
Menganalisis cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
هواية الطلاب والمعرض
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks ma’rifah nakirah, mubtada’
khabar dan bentuk-bentuknya serta unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya
|
3.2.1
3.2.2
|
Mennyampaikan kandungan makna dari teks Qiraah tentang هواية الطلاب والمعرض
Menyampaikan kandungan
makna dari teks Qiraah tentang هواية الطلاب والمعرض
|
|
3.3.
Mengidentifikasi unsur kebahasaan, struktur teks ma’rifah
nakirah, mubtada’ khabar dan bentuk-bentuknya serta unsur budaya dari teks
terkait topik :
هواية
الطلاب والمعرض
yang sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.3.1
3.3.2
3.3.3
|
Membaca teks Qiraah المهنة و النظام dengan lafadz dan intonasi yang benar.
Menemukan mufrodat baru pada Qiraah هواية الطلاب والمعرض
Mengartikan teks Qiraah المهنة هواية الطلاب
والمعرض
dengan baik dan benar
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah melakukan
proses belajar peserta didik dapat:
2. Menemukan mufrodat baru pada teks qiraah هواية الطلاب والمعرض
3. Mengartikan teks qiraah هواية الطلاب والمعرض dengan baik dan benar
4. Menyimpulkan kandungan makna dari
teks qiraah tentang المهنة و النظام
5. Menyampaikan kandungan makna dari teks qiraah tentang المهنة و النظام
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks qiraah tentang هواية
الطلاب والمعرض
Tarkib lughawi : المصدر، معاتى حروف الجار
E.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan
Pertama (istima’):
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
·
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian, kebersihan kelas, dan
mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Memaparkan ilustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa
berupa tulisan manual dipapan tulis,
kertas karton atau slide.
o Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Menyimak
dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·
Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak
wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan
gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·
Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik
هواية
الطلاب والمعرض،
·
Mencari
informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
yang mengandung
kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
·
Memperhatikan
struktur kalimat-kalimat yang tentang
kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menyimak
penjelasan guru tentang masdar, ma’na huruf jer,
·
Membaca
kaidah tentang masdar, ma’na huruf jer,
·
Menerapkan
kaidah tentang masdar, ma’na huruf jer, dalam ungkapan dialog terkait
topik هواية الطلاب والمعرض،
Menanya:
·
Melakukan
tanya jawab sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
·
Menjawab
pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·
Melakukan
tanya jawab tentang tema/topik هواية الطلاب والمعرض،
yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan
dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara
lisan.
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan
tanya jawab struktur kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer,
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer,
·
Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer,
·
Menentukan
isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba
melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mencoba
menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap,
meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·
Mempraktikkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang masdar, ma’na huruf jer
sesuai dengan kaidah.
·
Menentukan
masdar, ma’na huruf jer dalam kalimat.
·
Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat masdar,
ma’na huruf jer dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang masdar, ma’na
huruf jer,
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari
informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang masdar,
ma’na huruf jer,
·
Mencari
persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa
Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan
salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa,
syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik هواية الطلاب والمعرض،
secara lisan atau tulisan
·
Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
secara lisan atau tulisan.
·
Menjelaskan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·
Menjelaskan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan
presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang masdar,
ma’na huruf jer,
·
Menyusun
karangan sederhana tentang masdar,
ma’na huruf jer sesuai
tema/topik.
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
2.
Pertemuan
ke Dua (khiwar):
d.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
e.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
f.
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian, kebersihan kelas, dan
mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
g.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
h.
Memaparkan ilustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa
berupa tulisan manual dipapan tulis,
kertas karton atau slide.
a. Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Mendengar
dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·
Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak
wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan
gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·
Mencari
informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan terkait cara
pengucapan kalimat bahasa arab.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
yang mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang mengandung
kaidah masdar, ma’na huruf jer, dalam
isi teks lisan sesuai konteks.
·
Menyimak
penjelasan guru tentang pengertian kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Membaca
kaidah tentang masdar, ma’na huruf jer,
Menanya:
·
Melakukan
tanya jawab sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
·
Menjawab
pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·
Melakukan
tanya jawab tentang tema/topik هواية الطلاب والمعرض،
sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan
dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara
lisan.
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang
kaidah masdar, ma’na huruf jer,
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang
mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer, dalam isi teks lisan sesuai
konteks.
·
Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
·
Menentukan
isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba
melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mencoba
menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap,
meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·
Mempraktikkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar,
ma’na huruf jer, ’.
·
Menentukan
masdar, ma’na huruf jer dalam kalimat.
·
Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat masdar,
ma’na huruf jer dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari
informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang yang mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Mencari
persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa
Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan
salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair
Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
secara lisan atau tulisan
·
Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
secara lisan atau tulisan.
·
Menjelaskan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·
Menjelaskan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan
presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang masdar, ma’na
huruf jer,
·
Menyusun karangan sederhana tentang masdar, ma’na
huruf jer sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
3.
Pertemuan
ke Tiga (qiroah):
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
d.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
e.
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian, kebersihan kelas, dan
mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
f.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
g.
Memaparkan ilustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa
berupa tulisan manual dipapan tulis,
kertas karton atau slide.
a. Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Membaca
teks bahasa arab terkait topik
هواية الطلاب والمعرض،
·
Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Mencocokkan
gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·
Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض، .
·
Mencari
informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
yang mengandung struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’
dan ma laila li an-nafyi.
·
Memperhatikan
struktur kalimat-kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’
dan ma laila li an-nafyi. dalam isi teks sesuai konteks.
·
Menyimak
penjelasan guru tentang pembagian Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan
jama’ dan ma laila li an-nafyi
·
Membaca
kaidah tentang Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila
li an-nafyi.
Menanya:
·
Melakukan
tanya jawab sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
yang dipelajari.
·
Menjawab
pertanyaan dalam wacana sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
secara tertulis/lisan.
·
Melakukan
tanya jawab tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan
dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara
lisan dan tulisan.
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan
tanya jawab struktur kalimat tentang Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad
dan jama’ dan ma laila li an-nafyi
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan
jama’ dan ma laila li an-nafyi
·
Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat Jumlah
fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi
·
Menentukan
isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba
melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mencoba
menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap,
meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·
Mempraktikkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li
an-nafyi
·
Menentukan
Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi
dalam kalimat.
·
Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat Jumlah
fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi dari
buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat Jumlah
fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi.
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari
informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang Jumlah
fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi
·
Mencari
persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa
Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan
salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa,
syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·
Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض، secara
lisan atau tulisan.
·
Menjelaskan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·
Menjelaskan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan
presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang Jumlah
fi’liyah, Jumlah ismiyah mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi.
·
Menyusun karangan sederhana tentang Jumlah fi’liyah, Jumlah ismiyah
mufrad dan jama’ dan ma laila li an-nafyi sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض، .
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
4.
Pertemuan
ke Empat (kitabah):
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit )
h.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
i.
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian, kebersihan kelas, dan
mengkondisikan kelas disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
j.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
k.
Memaparkan ilustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa
berupa tulisan manual dipapan tulis,
kertas karton atau slide.
a. Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta didik
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati :
·
Membaca
teks bahasa arab terkait topik
هواية الطلاب والمعرض،
·
Memahami
arti kata-kata terkait topik
هواية الطلاب والمعرض،
·
Menyimak
wacana terkait topik
هواية الطلاب والمعرض،
dari suara guru/kaset/film dan memahaminya.
·
Mencocokkan
gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar/dibaca.
·
Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
·
Mencari
informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik
yang mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Memperhatikan struktur kalimat-kalimat
yang mengandung
kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menyimak
penjelasan guru tentang kriteria kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Membaca
kaidah tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
Menanya:
·
Melakukan
tanya jawab sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
yang dipelajari.
·
Menjawab
pertanyaan dalam wacana sederhana tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
secara tertulis/lisan.
·
Melakukan
tanya jawab tentang tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan
dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara
lisan.
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang
kaidah masdar, ma’na huruf jer,
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang
mengandung kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah
masdar, ma’na huruf jer,
·
Menentukan
isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Mencoba
memahami sapaan, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·
Mempraktikkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·
Merangkaikan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer,
·
Menentukan
masdar, ma’na huruf jer,
·
Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
Mengasosiasikan:
·
Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang kaidah masdar,
ma’na huruf jer,
·
Membandingkan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permohonan izin, perizinan yang dilakukan
oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·
Membandingkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·
Mencari
informasi umum/tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang kaidah
masdar, ma’na huruf jer,
·
Mencari
persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa
Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·
Membandingkan
salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
·
Menyimpulkan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair
Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
secara lisan atau tulisan
·
Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·
Menjelaskan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·
Menjelaskan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·
Melakukan
presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·
Menjelaskan
isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·
Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang kaidah
masdar, ma’na huruf jer,
·
Menyusun karangan sederhana tentang kaidah masdar, ma’na huruf jer, sesuai
tema/topik
هواية الطلاب والمعرض،
c.
Penutup (10 menit)
-
Guru dan peserta didik membuat simpulan
pelajaran
-
Guru dan peserta didik merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
o
Guru memberi tugas individu atau
kelompok untuk dikerjakan di rumah.
F.
PENILAIAN,
PEMBELAJARAN REMIDI DAN PENGAYAAN
(terlampir)
G.
METODE
PEMBELAJARAN
Menggunakan pendekatan scientific.
H.
MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media: LCD Proyektor,
File-file Pembelajaran
2.
Alat/Bahan:
Laptop,
3.
Sumber
Pembelajaran:
-
العربية للناشئين
-
Buku Paket Bahasa Arab
-
LKS Bahasa Arab
-
Buku Nahwu
-
Kamus Arab Indonesia –
Indonesia Arab
|
|
|
Ponggok, Juni 2014
|
|
|
Mengetahui,
|
|
Penyusun,
|
|
|
Pengawas
Dra UMI
TAFRIKAH, M.Pd.I
NIP.
196607121988032002
|
Kepala Madrasah,
KUSWANDI, SPd.I
|
|
Guru Bahasa Arab,
KUSWANDI, SPd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar